Jumat, 07 Oktober 2011

Mickey Mouse


Mickey Mouse adalah karakter kartun yang menjadi ikon bagi The Walt Disney Company yang diciptakan oleh Ub Iwerks pada 1920-an. Mickey Mouse telah berkembang dari sekedar tokoh animasi menjadi salah satu simbol yang terkenal di dunia. Dalam beberapa kartun Mickey awal, suaranya diisi oleh Walt Disney sendiri.

Mickey sebagai ikon

Karakter Mickey Mouse menjadi sebuah simbol bagi Amerika terutama dalam penyebaran budaya AS ke berbagai belahan dunia dan menjadi lambang keceriaan. Mickey menjadi simbol The Walt Disney Company dan diri Walt Disney sendiri seperti diutarakan oleh istri Walt, Lillian. Mickey dan Walt berkembang bersama dan menjadi cermin kepribadian mereka. Presiden AS Jimmy Carter pernah mengatakan "Mickey Mouse is the symbol of goodwill, surpassing all languages and cultures. When one sees Mickey Mouse, they see happiness." (Mickey Mouse adalah simbol kebaikan melampaui semua bahasa dan budaya. Saat seseorang melihat Mickey , ia melihat keceriaan)
Siluet kepala Mickey yang terdiri dari sebuah lingkaran besar sebagai "kepala" dan dua lingkaran kecil sebagai "telinga" menjadi logo bagi perusahaan di bawah naungan The Walt Disney Company yang menyandang nama Disney. Gambar ini juga muncul secara samar dalam berbagai film kartun Disney dan atraksi di taman hiburan Disney.

Penciptaan dan debut

Awalnya, Mickey dibuat sebagai pengganti Oswald the Lucky Rabbit yang dibuat oleh Walt Disney dan Ub Iwerks untuk Charles Mintz dari Universal Studios namun mereka dipecat saat meminta anggaran yang lebih tinggi untuk Oswald yang populer dan sejak itu Oswald digambar oleh orang lain.
Untuk kesinambungan perusahaan, Walt harus mencari karakter baru dan ide tentang Mickey Mouse muncul saat Walt berada di atas kereta. Nama karakter tersebut sebelum dinamai Mickey adalah Mortimer namun istrinya, Lillian Disney, kurang menyukainya. Sekarang, nama Mortimer Mouse dipakai untuk karakter musuh Mickey dalam memperebutkan Mickey Mouse.
Mickey dan Mickey Mouse muncul untuk pertama kali dalam Plane Crazy yang dirilis pada 15 Mei 1928. Namun, The Walt Disney Company kemudian merayakan "hari lahir" Mickey Mouse pada 18 November 1928, yaitu tanggal rilis animasi Steamboat Willie, film animasi Mickey Mouse yang pertama kali menggunakan suara.
Mickey Mouse mencapai kejayaannya dimulai dari tahun 1930-an sampai 1950-an. Namun, diawal tahun 1950-an posisi kejayaannya lambat laun tergeser oleh Tom and Jerry yang mempunyai rating dan penggemar lebih tinggi dari Mickey Mouse dan Silly Symphonies. Pada tahun 1955, kejayaan Mickey Mouse benar-benar tergeser oleh rekannya yang sama-sama berada di Walt Disney, Donald Duck yang juga mempunyai penggemar lebih banyak dari Mickey.

Sejarah

1970-an - sekarang

Pada 18 November 1978, bertepatan dengan ulang tahun Mickey ke-50, ia menjadi karakter kartun pertama yang mendapatkan sebuah bintang di Hollywood Walk of Fame, tepatnya di 6925 Hollywood Boulevard. Pada 1988, untuk pertama kalinya Mickey tampil bersama Bugs Bunny dalam Who Framed Roger Rabbit. Bugs Bunny adalah salah satu pesaing Mickey dari Warner Bros. dalam film itu, keduanya memiliki waktu muncul yang benar-benar sama. Film itu juga menjadi sebuah peristiwa bersejarah dalam dunia perfilman.
Program-program televisi yang menampilkan Mickey di masa ini adalah Mickey Mouse Works dan Disney's House of Mouse sedangkan beberapa film Mickey di tahun-tahun ini antara lain Mickey's Christmas Carol (1983), Runaway Brain (1995), dan The Three Musketeers serta Mickey's Twice Upon a Christmas (2004).
Mickey Mouse juga ambil bagian dalam video game Kingdom Hearts garapan Disney Interactive dan Square Enix sebagai raja istana Disney dengan Mini Mouse sebagai ratunya, Donal Bebek sebagai penyihir, dan Gufi sebagai kepala penjaga istana. Di dalam game pertama, Mickey belum terlalu banyak muncul, namun di sekuel Kingdom Hearts: Chain of Memories untuk Game Boy Advance, Mickey sudah mulai muncul dan diperkirakan akan memainkan peran yang lebih besar di Kingdom Hearts II.

Pengisi suara

Pada masa-masa awal, suara Mickey diisi oleh Walt Disney sendiri, sebuah tugas yang sangat ia banggakan namun pada 1947, Walt menjadi terlalu sibuk dan tugas tersebut diserahkan pada Jim MacDonald, seorang aktor dan musisi veteran Disney. Jim mengisi suara Disney sampai masa pensiunnya pada pertengahan 1970-an dan pada 1983, ia digantikan Wayne Allwine yang mulai mengisi suara sejak Mickey's Christmas Carol, sampai kematiannya pada tahun 2009[1]. Secara kebetulan, Wayne menikah dengan Russi Taylor, pengisi suara Mickey Mouse.
Bret Iwan, mantan artis Hallmark, telah dipilih untuk mewakili suara baru dari Mickey. Pertamanya telah bertindak untuk mainan Mickey dan promosi Disney Cruise Line dan akan tampil di pertunjukkan Disney on Ice: Let's Celebrate.[2]

Daftar episode

1928

  • Plane Crazy - The first Mickey Mouse cartoon produced. Originally silent; sound was recorded and the film released after Steamboat Willie. First appearance of Mickey, Minnie, and Clarabelle Cow.
  • The Gallopin' Gaucho - The second Mickey Mouse produced. Originally silent, sound was recorded and the film was released after Steamboat Willie. First cartoon where Mickey wears shoes, and first where he confronts Pegleg Pete.
  • Steamboat Willie - First Mickey Mouse cartoon released. Third produced. First Mickey Mouse to feature sound.

1929

1930

1931

1932

1933

1934

1935

1936

1937

1938

1939

1940

1941

1942

1943

1946

1947

1948

1951

1952

1953

1983

1990

1995

1999

Lihat pula


sumber: Wikipedia

0 komentar:

Posting Komentar