Minggu, 09 Oktober 2011

Futurama

Futurama adalah serial kartun televisi dari Amerika ciptaan Matt Groening yang sebelumnya juga menciptakan The Simpsons. Menceritakan tentang seorang anak muda bernama Philip J. Fry yang hidup di New York di tahun 1999, yang ketika datang tahun baru 2000 terperangkap di sebuah mesin pembeku dan dicairkan kembali seribu tahun kemudian (tahun 3000). Di sini ia bertemu dengan berbagai makhluk alien dan robot, dan juga keturunan dari keponakannya yang seorang profesor dan penemu barang-barang ilmiah.
Teman-teman Fry adalah wanita bermata-satu (cyclops) bernama Leela (Turanga Leela); robot Bender (Bender "Bending" Rodriguez); Professor Hubert Farnsworth, keturunan keponakan Fry; birokrat Hermes Conrad; dokter dari spesies amphibi Zoidberg (John Zoidberg); dan Amy Wong anak orang kaya.
Cerita-cerita seri ini bernapaskan komedi yang berasal dari penemuan dan teknologi-teknologi absurd di tahun 3000. Misalnya suicide booth, semacam kotak telepon umum tapi orang masuk ke dalamnya untuk bunuh diri. Atau mesin pesawat yang bukan menggerakkan pesawat itu, tetapi menggerakkan alam semesta di sekitar pesawat sehingga menghasilkan efek perpindahan tempat. Seringkali humor-humor dalam seri ini membutuhkan pengertian ilmiah, terutama fisika dan matematika, misalnya Prinsip Ketidakpastian Heisenberg. Rujukan ke budaya populer juga sering dimasukkan ke dalam cerita, misalnya film Soylent Green dan Titanic.
Serial ini hanya bertahan selama empat tahun dan setelahnya dibatalkan oleh stasiun televisi Fox. Saat ini program ini sedang diputar ulang oleh berbagai stasiun televisi lokal dan kabel, di antaranya Cartoon Network. Selain itu DVD dari semua episode juga telah diterbitkan.
Pada tahun 2006 stasiun televisi Comedy Central mengumumkan bahwa mereka telah memesan 13 episode baru Futurama untuk ditayangkan berbarengan dengan rerun di tahun 2008. Matt Groening mengatakan bahwa proses penulisan telah selesai dan proses rekaman suara sudah dimulai.

0 komentar:

Posting Komentar